Loading

LAKBAN / OPP TAPE MURAH DAN KUAT

Thursday, May 30, 2013

6 Perusahaan Swedia Siap Investasi Jutaan Dolar ke RI

Di antaranya IKEA, H&M, dan Ericsson. Ada juga produsen mobil listrik.


Berbagai perusahaan raksasa Swedia menyatakan siap berinvestasi di Indonesia hingga ratusan juta dolar AS. Komitmen ini diterima seusai kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan ke Swedia pada 27-29 Mei 2013.

Dalam dokumen daftar nota kesepahaman yang diterimaVIVAnews, beberapa perusahaan besar Swedia seperti IKEA, H&M, Ericsson, dan perusahaan mobil listrik Swedia, Clean Motion, akan menggelontorkan dananya ke Indonesia.


Perusahaan multinasional asal Swedia, ABB, siap untuk membangun dua pembangkit listrik baru di Jawa. Satu pembangkit berkapasitas menengah akan berlokasi di Tangerang dan berkapasitas rendah di Cibitung. ABB akan menyiapkan investasi sebesar US$25 juta untuk masing-masing pembangkit.

Perusahaan ritel IKEA juga akan membuka department storedi Indonesia. Toko pertama berlokasi di Alam Sutera, Tangerang, pada Juli 2014, dan ada kemungkinan untuk bertambah menjadi tiga department store.
Setiap investasi toko, IKEA merogoh investasi US$100 juta. IKEA juga berkomitmen untuk memproduksi barang di Indonesia untuk pemasok global yang bernilasi US$125 juta per tahun.

Selain IKEA, raksasa ritel Swedia lainnya H&M juga akan membuka dua toko pada September tahun ini, yang berlokasi di Gandaria City dan Pondok Indah. Pada Maret 2014, H&M akan membuka flagship store di Grand Indonesia.

Perusahaan dirgantara dan pertahanan Swedia, SAAB AB juga menjalin kerja sama dengan BP Batam untuk menerapkan Swedish Eco Airport di Bandara Batam.

Selain itu, kunjungan Presiden SBY juga menguntungkan negara tetangga, Timor Leste. Raksasa telekomunikasi Swedia, Ericsson, menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk untuk membangun jaringan telekomunikasi di Timor Leste.

Perusahaan Swedia terakhir yang berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia adalah Clean Motion AB. Produsen mobil listrik ini akan meluncurkan produk perdana berbentuk seperti Bajaj, yang diberi nama ZBee, pada 12 Juni 2013 di Balaikota Jakarta.

Clean Motion Indonesia juga tengah membangun pabrik ZBee di Jawa Timur dengan kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun. Clean Motion mengklaim produknya akan meningkatkan kualitas udara di Jakarta. (art)
sumber:viva.co.id

0 comments:

Click Button Below to Save As PDF

Pertumbuhan PDB per kapita (% tahunan)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com