Loading

LAKBAN / OPP TAPE MURAH DAN KUAT

Thursday, May 17, 2012

JELANG APEC 2013: RI Jual Konsep Ekonomi Biru


Indonesia menggelindingkan konsep inisiatif Ekonomi Biru yang menjadi menjadi perhatian utama dari negara-negara pemilik wilayah laut yang merupakan mayoritas anggota Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).


Dirjen Asia Pasifik (Aspasaf) Kemlu sekaligus Ketua Delegasi Indonesia dalam pertemuan tingkat pejabat tinggi (SOM) APEC, Yuri O. Thamrin mengemukakan bahwa konsep Ekonomi Biru merupakan sebuah kebutuhan bersama.

“Tidak hanya terkait dengan kepentingan Indonesia. Namun pasti menjadi concern utama dari negara-negara yang memiliki laut yang merupakan mayoritas anggota APEC,” ujarnya dalam sidang SOM APEC, di Moskow, akhir pekan lalu seperti dikutip dari rilis yang diterima Bisnis.
Usul Indonesia mendapat sambutan hangat dari seratusan delegasi yang memenuhi ruangan di tengah dinginnya suhu udara kota di ujung utara dunia, Moskow yang mencapai minus 31 derajat Celcius.
Yuri mengakui bahwa terminologi Ekonomi Biru memang bukanlah hal yang sama sekali baru karena sempat disebut-sebut dalam berbagai sidang internasional manajemen berkesinambungan dan melestarikan sumber-sumber kelautan. Tahun ini misalnya, “Blue Economy” menjadi tema pada international Expo di Yeosu, Korea Selatan.

Meski demikian, dia menyebutkan bahwa terminologi dimaksud telah dibesut sedemikian rupa oleh tim APEC Indonesia sehingga memiliki makna yang lebih komprehensif salah satunya adalah kewajiban setiap negara untuk melakukan tindakan kongkrit terhadap manajemen kelautan serta sumber-sumbernya.
Manajemen kelautan tersebut khususnya yang menyangkut dengan keamanan pangan (food security), perubahan iklim (climate change), pemberantasan pencurian ikan, kerjasama bidang riset dan pengembangan, serta peningkatan kesadaran atas isu-isu kelautan.


Sumber :www.bisnis.com

0 comments:

Click Button Below to Save As PDF

Pertumbuhan PDB per kapita (% tahunan)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com