Loading

LAKBAN / OPP TAPE MURAH DAN KUAT

Wednesday, September 25, 2013

Ini Nasihat JK Kepada Pengusaha Pulsa yang 3 Kali Bangkrut

Jakarta - Seorang peserta d'Preneur curhat kepada pengusaha Jusuf Kalla (JK) mengenai pengalamannya tiga kali gagal memulai berbisnis pulsa. JK memberikan nasihat mendasar bagi seorang pengusaha pemula agar tak terus merugi atau bangkrut. 

"Anda masih mau juga bisnis pulsa, sudah gagal ke-4 kalinya," tanya JK dalam acara d'Preneur di Menara Bank Mega, Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Sang pengusaha pulsa tersebut menceritakan kegagalan pertamanya karena para pelanggannya banyak yang tak membayar. Ia mengaku sungkan atau tidak enak untuk menagih karena pertimbangan teman dan keluarnya.


Lalu usaha pulsa kedua gagal karena, sang pengusaha pulsa tersebut dikerjai teman-teman yang membeli pulsa secara serentak. Namun kenyataanya, pembelian pulsa itu dianggap sebagai hadiah ulang tahun untuk teman-temannya. Sehingga gagal lagi, pengusaha pulsa ini karena modalnya habis.

"Ketiga kalinya belajar dari pengalaman, ada pulsa ada uang, tapi malah nggak ada yang beli, dan akhirnya gagal," cerita pengusaha pulsa tersebut.

Mendengar cerita sang pengusaha pulsa itu, JK hanya membalas enteng. Menurutnya untuk menjadi pengusaha harus bisa memisahkan urusan bisnis dengan pertemanan atau persaudaraan. 

"Kalau Anda masih ngotot usaha pulsa, pisahkan kepentingan teman, kepentingan guru, kepentingan keluarga dari kepentingan bisnis, gagal adalah guru terbaik, namanya usaha harus fokus, kalau sudah bisnis ya bisnis jangan takut tagih pulsa karena dia keluarga Anda," jelas JK.


(rrd/hen) 
sumber:http://finance.detik.com

0 comments:

Click Button Below to Save As PDF

Pertumbuhan PDB per kapita (% tahunan)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com