Loading

LAKBAN / OPP TAPE MURAH DAN KUAT

Friday, June 28, 2013

Produksi Kopi, Indonesia Berpotensi Geser Vietnam


Sebagai negara penghasil kopi terbesar ketiga setelah Brasil dan Vietnam, Indonesia memiliki potensi untuk menyusul posisi Vietnam apabila melakukan intensifikasi perkebunan kopi guna meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi. 

Hal itu diungkapkan Teguh Wahyudi dari Indonesia Coffee and Cocoa Research Institute (ICCRI) saat ditemui di Lampung, Rabu (26/6). Ia menjelaskan Vietnam hanya memiliki lahan kopi sebesar 512 ribu ha, tapi produksinya melebihi 1 juta ton per ha.  Indonesia memiliki lahan 1,6 juta ha, tapi produksi kurang dari 1 juta. Dengan bench mark tersebut, ia menilai produktivitas kopi Indonesia masih memiliki potensi untuk tumbuh.

"Mumpung di Vietnam (produksi kopi) sedang declining, memungkinkan bagi kita mencapai produksi 1,5 juta ton. Saat ini potensi produksinya 2-3 juta ton. Kalau pengelolaannya baik, potensi produksi tercapai 60%. Saat ini potensi produksi kita baru 20%, makanya perlu intensifikasi," kata Teguh.

Ia menjelaskan kesalahan pokok dari budi daya tanaman kopi sebelumnya ialah Indonesia tidak pernah menggunakan bahan tanaman unggul. Akibatnya, perkembangan produktivitas kopi sangat lamban. 

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/27/2/164269/Produksi-Kopi-Indonesia-Berpotensi-Geser-Vietnam
(Ayomi Amindoni)/Editor: Wisnu AS

0 comments:

Click Button Below to Save As PDF

Pertumbuhan PDB per kapita (% tahunan)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com